PENGENALAN AutoCAD


AutoCAD

Program AutoCAD itu apa sih? Ok! Kalau buat orang awam sih mungkin tidak tahu ya.. Tapi kalo orang Sipil, Arsitek, atau designer mungkin sudah tahu. Nah! dalam artikel ini, saya akan sedikit mengulas tentang AutoCAD dan tidak menutup kemungkinan akan ada artikel-artikel selanjutnya tentang bagaimana menggunakan AutoCAD. Artikel-artikel tentang AutoCAD juga akan jadi media untuk saya lebih mahir menggunakan AutoCAD. Aamiin.. Ok! Gak usah pakai lama, langsung aja saya mulai.. hehe :) sudah gak sabar membuat artikel pertama tentang AutoCAD.

AutoCAD adalah suatu piranti lunak program CAD (Computer Aided Design) yang digunakan untuk menggambar objek 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk Inc. AutoCAD banyak digunakan oleh insiyur sipil, pengembang perumahan, arsitek, desainer interior, insiyur mesin untuk membuat desain teknik sebelum membuat desain dalam bentuk nyata. AutoCAD adalah sebuah program aplikasi ( software ) yang digunakan untuk menggambar dan mendisain gambar, seperti gambar arsitektur, mesin, sipil, elektro dan lain-lain. AutoCAD mempunyai kemudahan dan keunggulan untuk membuat gambar dengan cepat dan akurat.

AutoCAD sendiri telah memiliki banyak versi seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi. AutoCAD berkembang pesat. AutoCAD keluar pertama kali tahun 1982 dengan nama resminya AutoCAD version 1.0. Nah yang terbaru, yang masih hangat-hangatnya (kayak apa hangat :D) adalah AutoCAD 2014 sesuai tahun sekarang 2014. Jadi total versi AutoCAD yang telah keluar sekitar 28 versi dari sejak kemunculannya di tahun 1982 sampai sekarang. Dari versi awal sampai terakhir sebenarnya fungsinya sama. Cuma ada perbaikan-perbaikan dan penambahan fitur-fitur baru.

Nah, itu sedikit pengenalan tentang AutoCAD. Bila ada yang kurang paham atau jelas bisa ditanyakan atau dicari di eyang kita tercinta yaitu mbah google… hehehe :). Untuk artikel-artikel selanjutnya tentang AutoCAD, saya akan jelaskan langkah-langkah penggunaannya/ pengoperasiannya. AutoCAD yang nanti saya gunakan adalah AutoCAD 2009. Hehehe sudah ketinggalan jauh dari versi sekarang 2014. Tetapi intinya sama, mau 2009 atau versi yang lebih tinggi, pengoperasiannya hampir sama. Sekalian buat saya memahirkan diri.. hahaha bahasanya gak EYD banget :D. Jadi, tetap sabar tunggu update artikel-artikel selanjutnya untuk belajar bareng.. :)


Robohnya Jembatan Kutai Kartanegara


Tiga hari yang lalu, tepatnya tanggal 26 November 2011 masyarakat Indonesia dikejutkan dengan ambruknya jembatan kutai kartanegara. Peristiwa ambruknya jembatan itu menelan banyak korban, dan sampai tulisan ini dibuat proses pencarian korban masih berlanjut.

Tuisan ini hanya mau sharing sebenarnya apa sih penyebab dari ambruknya jembatan itu? Penulis sendiri sih hanya bisa mengambil analisa ambruknya jembatan itu mungkin dikarenakan desain yang belum memadai atau tidak pelaksanaan pada waktu pelaksanaan konstruksinya. (Ini menurut pendapat saya).

Kemarin  saya baca-baca informasi, kesimpulan sementara ahli struktur berpendapat demikian :

Analisa ambruknya jemb. Kukar: Tahun 2010 Pilar Jembatan Kukar ini ditabrak tongkang batu bara sampai 6 kali, sejak itu kondisinya terus memburuk dan sudah diprediksi bakal ambruk.

Masalahnya, mengapa dibiarkan? Mengapa tidak diadakan pengamanan atau perbaikan?

Konsultan yg melaksanakan DED dan Supervisi adalah PD (Perentjana Djaja). Sedangkan Kontraktor yang membangun adalah HK (Hutama Karya).

Pekerjaan itu sdh diserah terimakan sebelum Maret 2001, jadi telah lewat 10 tahun masa kegagalan konstruki sesuai UU Jasa Konstruksi, meskipun belum mencapai umur layanan konstruksinya (biasanya 50 th)

Saat ini sedang berlangsung kontrak maintenance oleh BU.

Sementara ini diasumsikan bahwa penyebabnya adalah masalah maintenance:

1). Satu sisi dikendorkan baut2-nya dan dinaikkan 15 cm.

2). Begitu sisi lain dilakukan maka kabel putus.

3). Mestinya jembatan Kukar ini ditutup total selama perbaikan.

4). Karena baut2nya dikendorkan, dan dinaikkan 15 cm, maka tegangan tarik yang dialami kabel disisi tsb bertambah besar.

5). Begitu sisi lain dinaikkan, maka kabelnya putus, karena beban kabel sisi kiri dan kanan tidak seimbang. Satu sisi putus maka yang lain beruntun putus.

6). Karena jembatan tetap dibuka selama perbaikan, terjadi kemacetan lalin menyebabkan kendaraan bertumpuk sehingga beban jembatan bertambah.

7). Kombinasi antara beban jembatan bertambah dan beban/tegangan tarik kabel di masing2 sisi yang tidak sama saat dinaikkan di satu sisi, menyebabkan kabel2 tsb putus.

8). Pengawas adalah Konsultan Lokal.

Demikian pendapat sementara para ahli struktur/konstruksi.

Mungkin teman-teman yang baca tulisan ini bisa sharing pendapatnya mengenai penyebab ambruknya jembatan kutai kartanegara.


Beton Pracetak (Precast Concrete)


Precast concrete atau dalam bahasa Indonesia-nya “beton pracetak, apa sih bedanya dengan beton konvensional?. Nah itu pertanyaan yang dulu muncul pada masa kerja praktek waktu kuliah. Dulu waktu kuliah hanya tau kalau beton pracetak dicetak dulu baru dipasang. Ternyata sekarang berkecimpung langsung di dunia pracetak. Hmm!! Tulisan ini akan mengulas tentang “beton pracetak”, tapi mungkin tidak akan begitu detail atau mungkin ada salah pada isi tulisan in. Maklum masih dalam tahap belajar juga, tapi saya mencoba untuk member yang saya ketahui. Hehehe.

Langsung saja, apa sih “precast concrete atau beton pracetak??. Beton pracetak adalah kompenen atau elemen struktur yang tidak di-cor/ dicetak ditempat dimana elemen tersebut dipasang, melainkan dicetak/ di-cor di tempat lain dimana proses pengecoran dan perawatan dilakukan dengan baik sesuai metode yang ada. Setelah elemen itu jadi, lalu dibawa ke lokasi untuk disusun menjadi suatu struktur yang utuh sesuai fungsinya. Pada dasarnya beton pracetak itu tidak dibuat pada tempat pelakasanaan proyek, melainkan pabrik pracetak.

Nah! Sekarang apa sih keunggulan dari beton pracetak disbanding dengan beton konvensional?. Beton pracetak mempunyai keunggulan yang banyak disbanding dengan beton konvensional. Berikut keunggulan beton pracetak (sesuai pengetahuan saya) antara lain :

  1. Waktu pelaksanaan proyek bisa lebih cepat. Dengan menggunakan beton pracetak, misal pada proyek gedung, pada saat pekerjaan struktur masih dalam tahap pondasi, dimana pelaksanaannya bisa bersamaan dengan produksi beton pracetak (misal kolom pracetak lantai 1). Pada elemen-elemen yang akan dipasang terlebih dahulu bisa diproduksi lebih awal, pada saat umur beton telah tercapai dan pekerjaan struktur bawah selesai elemen tersebut siap dipasang. Dengan adanya pekerjaan overlapping maka proyek jadi lebih singkat.
  2. Pemakaian begesting yang lebih sedikit.
  3. Mutu yang terjamin, karena dilakukan dengan metode yang baik serta perawatan yang baik di pabrik pembuat beton pracetak.
  4. Mereduksi biaya konstruksi, karena upah pekerja pabrik pembuat pracetak lebih rendah daripada upah pekerja di proyek.
  5. Tidak berpengaruh pada cuaca.
  6. Lebih ramah lingkungan, karena lokasi proyek tidak banyak kotoran dari sisa-sisa beton dan begesting.

Itu keunggulan dari beton pracetak yang saya ketahui. Tidak ada gading yang tak retak. Begitu pepatah mengatakan, begitu juga dengan beton pracetak. Beton pracetak pasti juga memiliki kekurangan/ kelemahan. Kekurangan beton pracetak antara lain :

  1. Biaya tambahan untuk transportasi, karena dicetak pada pabrik pembuatan beton pracetak.
  2. Dibutuhkan peralatan yang mempunyai kapasitas besar waktu pelaksanaan erection (pemasangan).
  3. Diperlukan area stok yang luas untuk pelaksanaan curing (perawatan).
  4. Diperlukan area yang luas untuk pelakasanaan produksinya.
  5. Permasalahan teknis dan tambahan biaya yang akan muncul waktu pelaksanaan pemasangan elemen-elemen beton pracetak tersebut, terutama pada sambungan-sambungannya.

Itu yang menjadi kelemahan dari beton pracetak. Untuk meminimalisir maka perlu perencanaan dan metode yang tepat.

Setelah mengetahui apa keunggulan dan kelemahan dari beton pracetak itu, kompenen-kompenen struktur yang pelaksanaannya menggunakan beton pracetak. Metode beton pracetak bisa dilakukan konstruksi :

  1. Gedung (tiang pancang pracetak, balok dan kolom pracetak, dinding pracetak (façade) dan lantai pracetak).
  2. Jembatan (girder, deckslab, diafragma, voided slab).
  3. Penahan tanah (sheet pile).
  4. Dan masih banyak lagi

Mungkin di kesempatan lain akan mengulas elemen-elemen tersebut beserta metode produksinya.


I am Back


Hmm!! Ternyata ngeblog itu tidak semudah yang dibayangkan. Delapan bulan blog ini terbengkalai karena bingung mau menulis apa. Ini ni yang dinamakan melakukan sesuatu pekerjaan tanpa planning. Ngeblog cuman ingin ikut-ikutan saja.

Beberapa hari ini keinginan untuk belajar menulis di blog muncul lagi. Tidak tahu kenapa?. Hari ini akan memantabkan niat untuk konsisten menuangkan uneg-uneg atau sesuatu yang disenangi ke dalam blog ini. Semoga saja tidak asal-asalan dalam posting artikel.

Ayo mantabkan niat dengan dimulai Bismillah. Ayo pasti bisa.


Bahayanya Kebiasaan Tidur Pagi


Tidur!!! Aktivitas yang paling enak, apalagi kalau badan lagi capek. Lelap pasti tidurnya. Tapi kalau tidur dilakukan kalau emang belum waktunya dan berlebihan itu sangat tidak bermanfaat, terutama tidur pagi hari.

Setelah baca-baca artikel di internet tentang ternyata kebiasaan tidur pagi itu berbahaya. Apalagi tidur setelah sholat Subuh. Saya baru sadar itu. Saya sendiri punya kebiasaan setelah sholat subuh langsung balik tidur lagi sebelum kerja. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi diri saya dan pembaca. Langsung saja pada intinya.

Pagi hari adalah waktu yang penuh berkah dan diantara waktu yang diperintahkan untuk memanfaatkannya. Seperti penuturan Ibnul Qayyim bahwa banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu. Beliau rahimahullah mengatakan,

“Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan. Banyak tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulkan bahaya bagi badan.”

Waktu tidur yang dilarang adalah ketika sholat subuh hingga matahari terbit. Dikarenakan waktu tersebut adalah waktu untuk menuai pahala yang berlimpah. Waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah.

Hadits berikut yang menunjukkan barokah (penuh kebaikan) waktu pagi karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallamsendiri yang mendo’akannya.

Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Ibnul Qayyim berkata,

“Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.”

Amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula.

Untuk bahaya tidur pagi sendiri antara lain:

  • Tidak sesuai dengan petunjuk Al-Quran dan As-Sunah
  • Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush sholih (generasi terbaik umat ini), bahkan merupakan perbuatan yang dibenci
  • Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya
  • Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya
  • Menghambat datangnya rizki
  • Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat

Jadi gunakanlah waktu pagi sebaik-baiknya.

Sumber: http://rumaysho.com/belajar-islam


SINETRON!!


“Sinetron”, siapa sih yang gak tau…Salah satu hiburan di televisi. Di Indonesia, acara ini ditayangkan mulai petang ampe malam hari. Acara paling favorit bagi ibu-ibu, tapi tidak menutup kemungkinan bapak-bapak bahkan anak-anak mereka yang masih kecil.

Tapi sekarang begitu miris lihat sinetron-sinetron sekarang yang jauh dari nilai-nilai pendidikan dan bahkan begitu menyimpang dari norma-norma yang begitu membudaya di Indonesia.

Ceritanya cuma berkisar dari yang kaya menindas yang miskin. Adegan-adegan jahat menjadi cerita utamanya. Jadi menurut saya sinetron sekarang ini tidak mendidik. Maaf bagi pecinta sinetron.

Sinetron sekarang ini alur ceritanya berbeda sekali dengan sintron jaman saya masih kecil seperti Keluarga Cemara dan Si Doel Anak Sekolahan. Kedua sinetron itu begitu berbobot dalam cerita dan begitu mendidik.

Kapan akan muncul lagi sinetron-sinetron yang mendidik seperti kedua sinetron itu????


My First!! Yes I can


Akhirnya bisa buat blog walaupun masih baru belajar. Awal buat emang bingung tapi dengan keberanian mencoba membuat dan mengotak-atik akhirnya sedikit demi sedikit bisa lebih paham. Perlu 2 jam untuk memahami blog ini. Fiuh!! akhirnya jadi juga walaupun masih berantakan. Tapi dengan mencoba hal baru itu menyenangkan. Untuk para blogger yang sudah profesional mohon bantuan dan masukkannya bila nanti isi dari blog saya menyimpang.

Akhirnya My First job untuk menjadi orang yang lebih baik dan ingin mencoba hal yang baru tercapai juga. Semoga tulisan-tulisan saya berikutnya bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Amin.


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,059 other followers