Robohnya Jembatan Kutai Kartanegara


Tiga hari yang lalu, tepatnya tanggal 26 November 2011 masyarakat Indonesia dikejutkan dengan ambruknya jembatan kutai kartanegara. Peristiwa ambruknya jembatan itu menelan banyak korban, dan sampai tulisan ini dibuat proses pencarian korban masih berlanjut.

Tuisan ini hanya mau sharing sebenarnya apa sih penyebab dari ambruknya jembatan itu? Penulis sendiri sih hanya bisa mengambil analisa ambruknya jembatan itu mungkin dikarenakan desain yang belum memadai atau tidak pelaksanaan pada waktu pelaksanaan konstruksinya. (Ini menurut pendapat saya).

Kemarin  saya baca-baca informasi, kesimpulan sementara ahli struktur berpendapat demikian :

Analisa ambruknya jemb. Kukar: Tahun 2010 Pilar Jembatan Kukar ini ditabrak tongkang batu bara sampai 6 kali, sejak itu kondisinya terus memburuk dan sudah diprediksi bakal ambruk.

Masalahnya, mengapa dibiarkan? Mengapa tidak diadakan pengamanan atau perbaikan?

Konsultan yg melaksanakan DED dan Supervisi adalah PD (Perentjana Djaja). Sedangkan Kontraktor yang membangun adalah HK (Hutama Karya).

Pekerjaan itu sdh diserah terimakan sebelum Maret 2001, jadi telah lewat 10 tahun masa kegagalan konstruki sesuai UU Jasa Konstruksi, meskipun belum mencapai umur layanan konstruksinya (biasanya 50 th)

Saat ini sedang berlangsung kontrak maintenance oleh BU.

Sementara ini diasumsikan bahwa penyebabnya adalah masalah maintenance:

1). Satu sisi dikendorkan baut2-nya dan dinaikkan 15 cm.

2). Begitu sisi lain dilakukan maka kabel putus.

3). Mestinya jembatan Kukar ini ditutup total selama perbaikan.

4). Karena baut2nya dikendorkan, dan dinaikkan 15 cm, maka tegangan tarik yang dialami kabel disisi tsb bertambah besar.

5). Begitu sisi lain dinaikkan, maka kabelnya putus, karena beban kabel sisi kiri dan kanan tidak seimbang. Satu sisi putus maka yang lain beruntun putus.

6). Karena jembatan tetap dibuka selama perbaikan, terjadi kemacetan lalin menyebabkan kendaraan bertumpuk sehingga beban jembatan bertambah.

7). Kombinasi antara beban jembatan bertambah dan beban/tegangan tarik kabel di masing2 sisi yang tidak sama saat dinaikkan di satu sisi, menyebabkan kabel2 tsb putus.

8). Pengawas adalah Konsultan Lokal.

Demikian pendapat sementara para ahli struktur/konstruksi.

Mungkin teman-teman yang baca tulisan ini bisa sharing pendapatnya mengenai penyebab ambruknya jembatan kutai kartanegara.

About agus ariyanto

Seseorang yang selalu mencoba menjadi lebih baik di setiap perjalanan hidup. "I think therefore I am" View all posts by agus ariyanto

2 responses to “Robohnya Jembatan Kutai Kartanegara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: